oleh

Belanja di Pasar Pa’baeng-baeng Kini Bisa Pakai QR Code

MAKASSAR – Program pemerintah untuk mewujudkan inklusi keuangan menjadikan pasar tradisional sebagai salah satu prioritas utama. Sebagai langkah nyata untuk mempercepat pencapaian target tersebut, LinkAja sebagai uang elektronik nasional kini hadir di Pasar Tradisional Pabaeng-Baeng Makassar, guna membantu para pedagang dalam memudahkan transaksi harian dengan para pembeli melalui pembayaran nontunai.

Digitalisasi transaksi di Pasar Pabaeng-Baeng dengan menggandeng Bank Indonesia, Bank BRI, PT Telekomunikasi Selular, Pemerintah Kota Makassar dan lapisan masyarakat lainnya ini dilakukan terhadap 124 pedagang pasar.

Direktur Operasi LinkAja, Haryati Lawidjaja mengatakan, teknologi pembayaran elektronik yang diadopsi di Pasar Pabaeng-Baeng sudah menggunakan QR Code Indonesia Standard (QRIS).

“Ini akan memudahkan para pembeli untuk bertransaksi dengan memindai satu QR Code yang dapat digunakan untuk lebih dari satu operator pembayaran,” kata Haryati, disela acara lauching penerapan pembayaran nontunai dengan mengunakan QR Code di Pasar Pabaeng-Baeng Makassar, Selasa (3/12/2019)

Untuk memudahkan bentraksaksi, kata dia, sebelumnya para pedagang pasar telah diberikan sosialisasi maupun edukasi tentang tata cara mengaplikasian QR Code, sehingga pedagang dapat terampil dalam proses pembayaran nontunai.

“Upaya LinkAja dalam digitalisasi transaksi di Pasar Pabaeng-Baeng ini kami harap dapat semakin memperkuat ekosistem nontunai. Selain itu, tentunya meningkatkan daya saing para pedagang pasar di era transformasi digital ini,” ujarnya.

Bagi pengelola pasar, lanjut Haryati, kehadiran pembayaran digital juga menjadi solusi untuk meningkatkan transparansi dan traceability transaksi yang terjadi di pasar.

“Kedepannya, kami juga akan terus berupaya secara progresif untuk meningkatkan kebiasaan transaksi nontunai di seluruh lapisan masyarakat di Indonesia,” tuturnya.

Lebih jauh Haryati menjelaskan, untuk memudahkan para pembeli maupun pengunjung pasar dalam mengisi saldo LinkAja, di area pasar disediakan experience booth yang tersedia hingga akhir bulan Desember 2019.

“Sementara untuk akses pengisian saldo dan tarik tunai bagi pengguna LinkAja terdapat di ratusan titik transaksi, yaitu modern retail seperti Alfamart, Circle K, Indomaret, Grapari Telkomsel, Bank Himbara (Himpunan Bank Milik Negara), ATM Link Himbara, jaringan ATM Bersama, ATM BCA, Kantor Pos, dan Pegadaian yang tersebar di seluruh Kota Makassar,” terangnya.

(Risman/B)


Komentar

News Feed