oleh

Desainer Sulsel Bakal Tampilkan Kain Tenun Rongkong di Event Trend Hijab Expo

MAKASSAR – Trend Hijab Expo akan kembali dilaksanakan di Hotel Claro Makassar pada tanggal 5-8 Desember 2019 mendatang. Event yang digelar untuk ke-14 kalinya dan akan diikuti sejumlah desainer baik dari Makassar maupun di luar Sulawesi Selatan, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Medan dan Kalimantan ini ditarget mampu menggaet 27 ribu pengunjung dengan target teransaksi hingga Rp20 miliar.

Desainer Asal Sulawesi Selatan, Mahdalia Makkulau mengatakan, pada event Trend Hijab Expo kali ini, ia akan menampilkan produknya yang berasal dari kain tenun dan bertema etnis di Sulawesi Selatan, Salah satunya kain tenun Rongkong asal kabupaten Luwu Utara.

“Kita memiliki kain tenun unik yg tak kalah menarik dari daerah lain, yaitu Rongkong. Kain ini merupakan kain tenun tertua di dunia. Jadi saya ingin mengangkat itu, karena banyak yang tidak tahu kain Rangkong,” kata Mahdalia di acara Konferensi Pers Trend Hijab Expo di Hotel Claro Makassar, Senin (2/12/2019).

Ia menjelaskan, proses pembuatan kain tenun Rongkong sampai kini masih dikerjakan dengan sangat tradisional, dibuat dari kulit kayu dan kapas yang dipintal menjadi benang. Sedangkan pewarnaan kain ini masih menggunakan bahan-bahan alami, seperti daun kayu jati, daun ketapang.

“Jadi sangat tradional sekali. Bayangkan saja, untuk membuat satu kain saja itu dibutuhkan satu hingga dua bulan lamanya,” terangnya.

Tak hanya itu, lanjut Mahdalia, kain tenun Rongkong juga merupakan warisan leluhur yang hingga saat ini sudah langka dan hampir punah. Hal ini disebabkan minimnya penerus yang memproduksi kain tersebut.

“Kain ini sudah langka dan hampir punah, karena penerusnya sangat sedikit sekali. Itulah alasan saya mengangkat kain ini. Insha Allah semoga kedepan melaui kegiatan ini, kain rongkong bisa go internasional,” harapnya.

Ia menambahkan, selain kain Rangkong, ada dua kain lagi yang akan ditampilkan di acara ini, yakni kain Sutra dari Sengkang, dan Batik Toraja.

(Risman/A)


Komentar

News Feed