oleh

Kalah dari Vietnam, Posisi Indonesia di Klasemen Grup B Melorot ke Urutan Ketiga

MANILA – Tim Nasional (Timnas) U-22 Indonesia takluk secara dramatis dari Timnas Vietnam U-22 pada laga ketiga Grup B SEA Games 2019, yang berlangsung di Stadion Rizal Memorial, Manila, Ahad (1/12/2019).

Pada laga tersebut, Timnas Vietnam memang lebih menguasai jalannya pertandingan. Namun, Pasukan Garuda Muda sempat unggul 1-0 pada babak pertama melalui sundulan Sani Rizki Fauzi di menit ke-23, memanfaatkan kesalahan penjaga gawang Vietnam Bui Tien Dung yang gagal mengantisipasi umpan silang Asnawi Mangkualam. Skor 1-0 untuk keunggukan Indonesia bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Timnas Vietnam mampu mendominasi sejak menit awal. Serangan bertubi-tubi yang terus dilancarkan para pemain Vietnam akhirnya membuahkan hasil. Menit ke-64, Nguyen Thanh Chung berhasil mencetak gol penyeimbang. Memanfaatkan umpan dari sepak pojok, pemain bernomor punggung 18 itu menyundul bola dan mengarahkannya ke tiang jauh. Bola yang meluncur deras tak mampu dihalau penjaga gawang Indonesia Nadeo Argawinata. Skor berubah imbqng 1-1.

Melihat anak asuhnya tertus tertekan epanjang laga, Pelatih Timnas Indonesia, Indra Sjafri mencoba mengubah keadaan dengan memasukkan Egy Maulana Vikri, menggantikan Irkham Mila. Namun, hal itu tak mampu mengubah keadaan di lapangan. Vietnam terus menekan pertahanan Indonesia.

Petaka bagi Skuat Garuda Muda datang di saat laga sudah memasuki injury time. Nguyen Hoang Duc berhasil mencetak gol spektakuler dari luar kotak penalti, sekaligus membawa Vietnam berbalik unggul menjadi 2-1. Skor tersebut bertahan hingga wasit meniup pluit panjang tanda berakhirnya laga.

Dengan hasil ini, Vietnam semakin kokoh dipuncak klasemen sementara Grup B dengan total raihan 9 poin, hasil dari kemenagan di tiga laga yang telah dilakoni. Sementara posisi Timnas Indonesia yang sebelumnya berada di posisi kedua, digeser oleh Thailand yang sebenarnya memiliki poin yang sama dengan Indonesia. Hanya saja Thailand unggul selisih gol dari Skuat Garuda Muda.


Komentar

News Feed