oleh

Survei LSI: 71% Masyarakat Gowa Masih Ingin Dipimpin Adnan

MAKASSAR – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei elektabilitas bakal calon Bupati Gowa yang akan mengikuti kontestasi Pilkada Gowa 2020 mendatang.

Survei tersebut dilakukan di Kabupaten Gowa pada periode 14-19 Oktober 2019, menggunakan metode multistage random sampling melalui wawancata tatap muka, dengan total responden sebanyak 880 orang, yang tersebar di seluruh kecamatan, dengan perbandingan karakteristik demografis dan geografis yang proporsional.

Hasil dari survei dengan selang kepercayaan 95 persen dan margin of error 3,37 persen itu menunjukkan, tingkat keterpilihan tertinggi masih dipegang oleh bupati incumbent, Adnan Purichta Ichsan.

“Dari hasil survei, 71,82 persen masyarakat Gowa masih menginginkan Pak Adnan kembali memimpin Gowa,” kata Peneliti LSI, Haerul Aman, di Hotel Mercury Makassar, Rabu (27/11/2019).

Tingginya harapan masyarakat yang menginginkan Adnan kembali memimpin Gowa ini, kata dia, tidak terlepas dari hasil kepemimpinan Adnan selama menjabat sebagai Bupati Gowa yang dinilai sangat memuaskan.

“Dari hasil survei, sebesar 83,75 persen masyarakat Gowa menyatakan sangat puas terhadap kinerja Adnan. Selain itu, 80,68 persen masyarakat menilai pemerintahan Adnan sangat berhasil,” ungkapnya.

Haerul memaparkan, tingkat kepuasan tertinggi yang diberikan masyarakat kepada Adnan yaitu keberhasilan dalam penanganan masalah keamanan, pelayanan pendidikan dan kesehatan, dengan persentase masyarakat yang menjawab puas masing-masing sebesar 87,85 persen, 86,47 persen, dan 80,34 persen.

“Selain itu, masyarakat juga merasakan kepuasan yang tinggi terhadap keberhasilan pemerintah dalam penanganan masalah pelayanan administrasi publik, penegakan hukum, pelayanan air bersih, pelayanan fasilitas kebersihan, dan perbaikan tata kota dan penerangan jalan, dengan persentase masyarakat yang menjawab puas masing-masing di atas 60 persen,” paparnya.

Lebih jauh Haerul menjelaskan, ada lima program Pemerintah Kabupaten Gowa Periode 2015-2020 yang dinilai berhasil oleh masyarakat Kabupaten Gowa, yakni; dua program yang mencakup pelayanan kesehatan yang dinilai paling berhasil yaitu Layanan Kesehatan Gratis dan Proyek Pembangunan Puskesmas Rawat Inap dengan persentase masing-masing sebesar 78,86 persen dan 78,30 persen.

Selain itu, program pemerintah dalam Pembangunan Fisik dari Masjid Agung Syekh Yusuf dan Syech Yusuf Discovery juga dinilai sangat sangat berhasil dengan persentase sebesar 74,09 persen.

Beautiful Malino dan Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan juga mencapai tingkat keberhasilan yang cukup tinggi, yaitu masing-masing sebesar 57,95 persen dan 57,16 persen masyarakat memberikan penilaian berhasil terhadap kedua program tersebut.

“Tingkat kepuasan dan keberhasilan kinerja Adnan yang sangat tinggi, menjadikan Adnan tetap menjadi sosok yang sangat kuat untuk dipilih kembali oleh masyarakat sebagai Bupati Kabupaten Gowa pada Pilkada 2020 mendatang,” sebutnya.

Dari segi pengenalan, lanjut Haerul, Adnan memiliki tingkat pengenalan paling tinggi, yakni sebesar 92,84 persen, disusul Abdul Rauf Mallagani 71,36 persen, dan Amir Uskara 64,20 persen.

Dua calon kandidat lainnya yang juga memiliki tingkat pengenalan cukup tinggi (di atas 40 persen) adalah Darmawangsyah Muin dan Tenri Ajeng.

“Adnan juga memiliki tingkat kesukaan paling tinggi, yakni sebesar 84,77 persen, disusul Abdul Rauf Mallagani dan Amir Uskara dengan masing-masing sebesar 58,86 persen dan 47,61 persen. Calon kandidat lainnya masih memiliki tingkat kesukaan yang rendah, yaitu di bawah 35 persen,” terangnya. (Risman/B)


Komentar

News Feed