oleh

Dewan Soroti Keikutsertaan TGUPP Dalam Kunker Gubernur ke Australia

MAKASSAR – Keikutsertaan Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) ke luar negeri bersama Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah yang melakukan kunjungan kerja ke beberapa daerah di Australia menuai sorotan.

Pasalnya, kunjungan kerja untuk meninjau sistem pertanian, peternakan dan perikanan di Negeri Kanguru tersebut tak mengikut sertakan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) yang secara teknis membidangi hal tersebut.

Wakil Ketua DPRD Sulsel, Syaharuddin Alrif mengatakan, seharusnya pimpinan OPD yang secara teknis lingkup kerjanya di bidang pertanian dan peternakan lebih diutamakan untuk dibawa dalam kunjunga kerja tersebut.

“Pak gubernur kan ke Australia meninjau soal pertanian, peternakan dan lain-lain, jadi kalaupun misalnya TGUPP berangkat tanpa orang dinas (OPD), gimana nanti jadinya? Orang teknisnya memangnya TGUPP atau OPD? Harusnya kan orang dari OPD teknisnya yang diutamakan,” kata Syahar, Rabu (9/10/2019).

Menurut Syahar, ketika TGUPP lebih diutamakan daripada OPD teknis untuk diikutsertakan dalam kunjungan kerja tersebut, ditakutkan para pelaksana teknis dalam hal ini para OPD terkait tidak atau kurang paham saat diberikan penjelasan oleh TGUPP yang berangkat.

“Olehnya itu, penting untuk didahulukan para OPD ketimbang TGUPP. Kalau tidak ada OPD yang berangkat , kemudian penjelasan dari TGUPP kurang jelas, bisa-bisa programnya nanti tidak jalan,” imbuhnya.

Terkait anggaran perjalan dinas TGUPP yang tidak ada dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) provinsi, Syahar mengatakan, hal ini nantinya akan dibahas ulang bersama Komisi A bidang pemerintahan.

“Setalah pimpinan DPRD Sulsel definitif ditetapkan, Komisi A akan kita minta pengesahan secara maksimal, akan mengecek soal ini,” ujarnya. (Muh. Saddam/B)

Komentar

News Feed