oleh

Belum Penuhi Tatib, Pengumuman Andi Ina Kartika Sari Sebagai Ketua DPRD Sulsel Definitif Tertunda

MAKASSAR – DPRD Provinsi Sulsel menggelar rapat paripurna dengan agenda mengumumkan lima nama pimpinan definitif DPRD Sulsel periode 2019-2024, Rabu (9/10/2019) sore.

Namun, dari lima partai yang memperoleh suara terbanyak pada Pileg 2019 kemarin dan berhak mengisi kursi pimpinan DPRD Sulsel, pada rapat paripurna tersebut baru empat nama yang memenuhi ketentuan sebagai mana diatur dalam tata tertib DPRD. Yakni Syaharuddin Alrif (NasDem) sebagai Wakil Ketua I, Darmawangsa Muin (Gerindra) sebagai Wakil Ketua II, Ni’matullah (Demokrat) sebagai Wakil Ketua III, dan Muzayyin Arief (PKS) sebagai Wakil Ketua IV. Sementara Andi Ina Kartika Sari (Golkar) yang berdasarkan keputusan DPP Golkar ditunjuk sebagai Ketua DPRD Sulsel dianggap belum memenuhi ketentuan untuk diumumkan.

Penyebabnya, Surat Keputusan (SK) dari DPP Partai Golkar terkait penunjukan Andi Ina Kartika Sari untuk menjabat sebagai Ketua DPRD Provinsi Sulsel periode 2019-2023 belum diterima pimpinan sementara DPRD Sulsel.

“Tadi hanya 4 pimpinan definitif yang diumumkan. Itu karena berdasarkan aturan dan tatib, yang diumumkan itu yang ada surat dari DPW atau DPD disertai lampiran SK DPP-nya,” kata Wakil Ketua DPRD Sulsel sementara, Syaharuddin Alrif, usai mengumumkan pimpinan nama-nama pimpinan DPRD Sulsel definitif periode 2019-2024.

Meski demikian, kata dia, pihak DPD I Partai Golkar Sulsel telah memberikan surat balasan terkait permintaan pimpinan sementara DPRD Sulsel, untuk mengirimkan nama kadernya yang ditunjuk sebagai Ketua DPRD Sulsel definitif.

“Surat dari DPD I Partai Golkar Sulsel itu menunjuk Andi Ina Kartina Sari sebagai ketua DPRD Sulsel definitif, tapi memang SK DPP-nya belum dilampirkan. Penjelasan yang sampai ke kami, bahwa oleh ketua umumnya sudah sepakat, tinggal surat belum ditanda tangani, karena ketua umum lagi di Bali, kemudian sekjend di Lampung,” terangnya.

Untuk itu, lanjut Syahar, nantinya setelah SK penunjukan Andi Ina Kartika Sari sebagai Ketua DPRD Sulsel definitif dari DPP Partai Golkar masuk, maka pihak DPRD Sulsel akan melakukan rapat paripurna untuk mengumumkan Ketua DPRD Sulsel definitif. (Muh. Saddam/B)

Komentar

News Feed