oleh

Tiga Pemain Muda PSM Ikut Program Garuda Select Jilid II di Inggris

JAKARTA – Tiga pemain muda PSM Makassar, masing-masing Edgard Amping, Renaldi, dan Muhammad Rafli Asrul, terpilih untuk mengikuti program Garuda Select jilid kedua di Inggris.

Tiga pemain muda PSM Makassar itu akan berangkat ke Inggris bersama 16 pemain muda lainnya pada tanggal 9 Oktober 2019, untuk menjalani program Garuda Select jilid kedua hingga 23 April 2020 mendatang.

Sebelum diberangkatkan ke Inggris, oleh PSSI ke-18 pemain muda tersebut diberikan pembekalan selama dua hari, (7-8 Oktober 2019) di Hotel Century, Jakarta.

Dalam pembeklaan tersebut, para pemain diberikan materi mengenai kehidupan sehari-hari di Inggris, mengatur harapan dan kekhawatiran saat jauh dari tanah air, termasuk mengenai sejarah organisasi PSSI serta penjelasan kembali mengenai program Garuda Select.

Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria dalam sambutannya saat pembuka pembekalan tersebut mengatakan, PSSI berterimakasih kepada SuperSoccer TV yang ikut mendukung PSSI dalam pengembangan sepak bola Indonesia.

Menurut Ratu Tisha, program Garuda Select akan memberikan banyak manfaat bagi pemain muda untuk belajar dan mendapatkan pelatihan intensif secara profesional.

“Semoga para pemain ini nantinya bisa lebih siap dalam menerima pelajaran di Inggris,” kata Ratu Tisha. seperti dikutip dari laman PSSI.org.

Ia menjelaskan, program Garuda Select dilaksanakan Inggris karena saat ini negara tersebut menjadi top di dunia pada arena U-16, U-17, dan U-20, dengan segala pembinaan.

“Bisa dilihat hasilnya dengan tiga jenjang kategori di usia tersebut mereka juara semua. Alasannya satu, kita belajar yang terbaik, kita bidik yang terbaik agar bisa mengejar ketertinggalan itu,” ujarnya.

Program ini, kata dia, juga merupakan solusi yang dilakukan dari kompetisi Elite Pro Academy Liga 1 U-16 2018. Dimana PSSI pada tahun 2017 telah meluncurkan Filanesia dan Elite Pro Academy.

“Kita memunculkan dari U-16 dulu untuk memulainya dengan tenggat waktu tiga tahun dari Elit Pro Academy. Jadi nantinya anak-anak yang punya talenta tinggi itu, bermain dengan konsentrasi dan situasi dengan melawan yang terbaik,” terangnya.

Sekadar diketahui, ke-18 pemain pilihan di bawah usia 17 tahun yang terpilih mengikuti program Garuda Select jilid kedua ini dijaring melalui proses seleksi yang dilakukan melalui Training Camp di Lapangan ABC Senayan, dan diikuti oleh 48 peserta yang berasal dari hasil scouting Elite Pro Academy Liga 1 U-15 2019.

Proses scouting tersebut dipimpin langsung oleh pelatih kepala Garuda Select angkatan pertama Dennis Wise. Nantinya di Inggris, para pemain muda ini akan mendapatkan pelatihan selama enam bulan dengan standar Eropa, baik di dalam dan di luar lapangan.

Selain ke-18 pemain ini, akan ada tambahan enam pemain lagi yang akan mengikuti program Garuda Select jilid kedua. Mereka adalah si kembar Bagas-Bagus, Andre Oktaviansyah, David Maulana, Brylian Aldama, dan Fajar Fatur Rahman, yang kini tergabung dalam pemusatan latihan Tim Nasional Indonesia U19. Enam pemain ini akan berangkat usai gelaran kualifikasi Piala AFC U19 bulan November 2019.

Berikut daftar 18 pemain yang akan mengikuti program Garuda Select jilid kedua di Inggris;

Kiper:
1. Yogi Hermawan (Barito Putera)
2. Erlangga Setyo (Persib Bandung)

Belakang:
3. Muhammad Afin Bahrani (Arema FC)
4. Edgard Amping (PSM Makassar)
5. Muhammad Ilham (Borneo FC)
6. Renaldi (PSM Makassar)
7. Kakang Rudianto (Persib Bandung)
8. Dodi Irawan (Perseru Badak Lampung)

Tengah:
9. Arjuna Agung (Persipura)
10. Dika Kuswardani (PSS Sleman)
11. Muhammad Rafli Asrul (PSM Makassar)

Depan:
12. M Ridyan Taufiq (Arema FC)
13. Subhan Fajri (Barito Putera)
14. Ferdiansyah (Persib Bandung)
15. Bramdani (Persebaya Surabaya)
16. Ardi Ardiana (Kalteng Putra FC)
17. Arsa Ahmad (Bhayangkara FC)
18. Alfriyanto Nico (Persija Jakarta)


Komentar

News Feed