oleh

Bicara Soal Revolusi Industri 4.0, Ini Kata ARN

MAKASSAR – Saat ini dunia telah memasuki Revolusi Industri 4.0, dimana era digitalisasi diyakini akan mengubah banyak bidang kehidupan manusia, termasuk ekonomi, dunia kerja, bahkan gaya hidup manusia itu sendiri.

Terkait hal tersebut, Bakal Calon Wali Kota Makassar, Abdoel Rachmat Noer (ARN) saat didapuk untuk membawakan kuliah umum di STIE AMKOP Makassar, Senin (30/9/2019), mengatakan, kehadiran Revolusi Industri 4.0 ini juga dianggap sebagai ancaman bagi sebagian orang. Mereka meyakini bahwa di masa yang akan datang teknologi robot akan menggantikan manusia.

“Sebenarnya kita tidak perlu khawatir dengan industri 4.0 ini, banyak orang sangat khawatir seolah-olah peran manusia akan digantikan robot, katanya sistem digitalisasi akan mengurangi fungsi manusia,” kata ARN yang juga selaku praktisi ekonomi.

Justru, kata dia, dengan adanya industri 4.0 ini menjadi tantangan bagi semua orang, termasuk pelaku industri atau angkatan kerja untuk bisa lebih inovatif agar bisa eksis.

“Jadi intinya, dengan hadirnya industri 4.0 ini lebih memacu kita untuk lebih kreatif. Juga memacu lahir dan besarnya industri kreatif di Indonesia,” ujarnya.

ARN menyebut bahwa kehadiran industri 4.0 ini sama sekali manusia tidak akan tergantikan oleh teknologi.

“Fungsi human tetap tidak akan tergantikan 100 persen oleh teknologi. Secanggih apapun teknologi itu, manusia tidak tidak akan tergantikan. Contoh handphone dan komputer itu secanggih apapun pasti punya batasan, tapi otak manusia itu tidak ada batasnya,” imbuhnya.

Olehnya itu, lanjut ARN, dalam menghadapi revolusi industri 4.0, persiapan yang harus dimiliki manusia yaitu lebih pandai di banding teknologi.

“Selain itu, manusia itu harus memiliki nilai-nilai humanis seperti ketekunan, kejujuran, dan integritas. Jadi sifat humanis itu harus tetap dimiliki dalam menghadapi perubahan erah indistri 4.0 ini,” pungkasnya. (*/Risman/A)


Komentar

News Feed